Minggu, 17 April 2011

Warnai Rambut Dengan Extract Tool

Mengganti warna menggunakan photoshop bisa dilakukan dengan banyak cara. Kita bisa mewarnai keseluruhan rambut atau sebagian saja. Mengganti warna rambut dengan photoshop sudah banyak dibuat tutorialnya di website-website tutorial desain, yang menjadi perbedaan dengan tutorial desain disini adalah cara dan pembahasannya.
1. Siapkan gambar yang akan diganti warna rambutnya
Pastikan gambar yang dipakai dalam proses pewarnaan adalah foto atau gambar dengan kualitas resolusi yang bagus agar hasil maksimal, terutama untuk dicetak. Untuk wallpaper atau gambar profil seperti di facebook, handphone, friendster, dan sejenisnya menggunakan resolusi sedang tidak menjadi masalah.

mengganti warna rambut dengan photoshop resource
2. Seleksi bagian rambut yang akan diwarnai
Teknik seleksi pada tutorial mengganti warna rambut dengan photoshop ini, saya menggunakan extract. Filter > extract. Melalui filter ini seleksi bisa dilakukan dengan cepat dan mudah karena seleksi dilakukan dengan brush dan bisa dihapus, tidak seperti lasso tool yang harus sekali seleksi tidak boleh putus pada penekanan tombol mouse.
mengganti warna rambut dengan photoshop 1
Untuk melakukan seleksi, pastikan menandai area yang akan diwarnai. Jika berlebih gunakan eraser tool ( E ).
Notes: Jika seleksi tidak bisa tertutup dan masih ada yang bocor (warna hijau) proses seleksi tidak bisa dilakukan. Biasanya ditandai dengan fiil tool tidak aktif. Lakukan penutupan menggunakan edge highlighter tool.
Untuk langkah seleksi tahap akhir, isi area rambut dengan fiil tool. Pada smooth isi value 10 sampai 15. Sehingga gambar akan muncul pada gambar di bawah ini. Jika sudah tekan OK, akan muncul
mengganti warna rambut dengan photoshop 2
3. Merubah warna rambut menggunakan color variation
Untuk mengakses menu color variation klik image > adjustment > variations. Pada menu variation ini bisa dipisahkan menjadi dua bagian, original dan current pick ( hasil ). Untuk mengubah warna rambutnya anda bisa klik gambar more yellow, more cyan dan lain sebagainya. Pilih warna yang disukai dan klik lebih dari 1 kali untuk memberikan warna lebih. Klik Pada Original untuk mengembalikan warna seperti semula. Dan sesuaikan mode nya seperti shadow, midtones, highlights dan saturation. Lihat hasil yang diperoleh pada current pick. Jika sudah sesuai klik OK.
mengganti warna rambut dengan photoshop 3
4. Perhalus hasil seleksi menggunakan eraser tool (E)
Shortcut eraser tool adah dengan menekan tombol E pada keyboard. Atur flow ( dibawah menu bar help )
mengganti warna rambut dengan photoshop 4
5. Mengganti mode color dan transparency
Untuk mengganti mode color bisa Anda akses pada layer tab ( sebelah kanan atas, bertuliskan normal ). Ganti mode color dari normal menjadi color. Ubah fill color menjadi 50% atau sesuaikan dengan keinginan Anda.
mengganti warna rambut dengan photoshop 5
6. Hasilnya
Hasil bisa bermacam-macam warna. Sesuaikan warna dengan kesukaan Anda pada langkah 3 ( color variation ). Before atau sebelum diedit ada di sebelah kiri dan after ada disebelah kanan.
mengganti warna rambut dengan photoshop 6

Tidak ada komentar:

Posting Komentar