Jumat, 06 Agustus 2010

Candi Bawah Laut di Selat Bali akan Diselidiki


Satu dua bulan ini, microblogging twitter dihebohkan dengan sebuah foto bawah laut yang memperlihatkan seperti sebuah candi. Dalam foto itu, candi dan gapura gerbangnya berdiri megah di dalam air. Kabarnya, Kementerian Budaya dan Pariwisata (Kemenbudpar) akan menyelidiki kebenaran informasi itu.

“Kami akan menyelidikinya, kalau perlu kami akan membawa pakar telematika,” kata Surya Helmi, Direktur Arkeologi Bawah Air Kemenbudpar, Rabo (04/08) ini.
Diakui oleh Surya, dia sudah mengetahui foto itu sekitar 1-2 bulan yang lalu. Di dalam foto itu, Surya melihat kejernihan air yang luar biasa, dia pun penasaran dan akan membuktikan kebenarannya apakah memang ada candi di dasar laut mengingat arus air disitu sangat kuat.
Ada beberapa versi foto yang menunjukkan keberadaan situs tersebut. Gambar pertama menampakkan tumpukan batu sebagaimana layaknya candi. Meskipun terlihat lumut di sana-sini namun penampakan asli candi tersebut masih terlihat cukup jelas.
Gambar lainnya memperlihatkan gapura tinggi. Bangunan itu mengingatkan pada gapura-gapura yang biasa dijumpai di Bali. Memang dalam foto tersebut disebutkan bahwa letak candi itu di perairan Jawa dan Bali alias Selat Bali.
Berikut ini adalah foto-foto candi bawah laut yang beredar :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar